SEKOLAH BURUH

Belajar Bersama Bersama Belajar

Perempuan dan K3

K3 di Bangladesh

Perempuan dan Isu Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Halaman ini dimaksudkan untuk memuat isu dan bahan terkait perempuan dan K3 yang dapat dipergunakan oleh kawan-kawan serikat buruh di tempat kerja masing-masing.

Untuk edisi pertama ini, saya akan menjelaskan tentang teknik “Body Mapping”

BODY MAPPING

Tujuan;

  • Body Mapping dapat membantu serikat buruh untuk dapat mengenali pola-pola penyakit dan luka-luka yang seringkali terjadi di tempat kerja.
  • Body Mapping juga dapat membantu kita untuk mengenali bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan atau timbulnya penyakit akibat kerja. Jika serikat buruh dapat menemukan salah satu bahan berbahaya tersebut, maka serikat buruh dapat mengupayakan agar bahan berbahaya tersebut dapat di ganti atau tidak dipergunakan lagi
  • Melalui teknik Body Mapping ini, serikat buruh dapat melibatkan anggota serikat nya untuk dapat saling berbagi, sehingga mereka tidak merasa hanya diri mereka sendiri yang mengalami masalah atau penyakit tertentu
  • Kita dapat melakukan Body Mapping ini dalam segala kesempatan seperti, dalam rapat rutin serikat buruh, pertemuan khusus yang membahas isu K3, pertemuan komite K3, atau juga pertemuan komite perempuan, dan forum-forum lainnya.

——————————————————————————————————————————–

Yuk kita cek fungsi dan guna Alat Pelindung Diri (APD)

  1. Kepala; jenis bahaya yang dapat mengenai kepala adalah benda-benda jatuh, ruang yang sempit, atau rambut yang terjerat. APD yang dibutuhkan adalah help keras (hard hats), helm empuk (bump caps), topi, harnet, atau pemangkasan rambut.
  2. Telinga/Pendengaran, Mata; bahaya yang dapat menyebabkan gangguan adalah suara bising, debu, kersik, partikel-partikel berterbangan, radiasi, laser, bunga api las. APD yang dibutuhkan adalah tutup telinga (ear muff) dan sumbat telinga (ear plug), kacamata pelindung (googles)
  3. Paru; Bahaya yang menjadi penyebab utama adalah debu, asap, gas beracun, dan atmosfer miskin oksigen. APD yang dibutuhkan adalah masker wajah, respirator dengan filter penyerap, dan alat bantu pernapasan
  4. Tangan; bahaya yang menjadi penyebab utama tepi-tepi dan ujung yang tajam, zat kimia korosif, temperatur tinggi/rendah. APD ang dibutuhkan adalah sarung tangan pelindung, sarung tangan tahan bahan kimia, dan sarung tangan insulasi.
  5. Kaki; bahaya yang menjadi penyebab utama misalnya terpeleset, benda tajam di lantai, benda jatuh, percikan logam cair. APD yang dibutuhkan adalah sepatu pengaman, selubung kaki (gaiter) dan sepatu pengaman.
  6. Kulit: Bahaya yang menjadi penyebab utama adalah kotoran dan bahan korosif ringan/kuat, zat pelarut. APD yang dibutuhkan adalah krim pelindung , pelindung yang kedap seperti saring tangan dan celemek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s